Asal Muasal Nasi Goreng

Konon, nasi goreng berasal dari provinsi Yangzhou, di timur Cina dan mulai populer saat Dinasti Siu (581-671M). Cerita lain mengatakan bahwa sebetulnya nasi goreng ini adalah hasil olahan juru2 masak Yangzhou yang berdomisili di Hongkong dan kemudian menyebar ke pelosok dunia seiring dengan menyebarnya bangsa Cina yang bermigrasi ke belahan dunia lain.
Tak heran, nasi goreng mempunyai banyak kesamaan, hanya dibedakan oleh nama.
Umumnya nasi goreng yang populer adalah yang berasal dari negara dengan makanan pokok nasi.



Di Cina; sebutan nasi goreng adalah chao fan. Daging babi panggang menjadi ciri khasnya.
Di Indonesia; punya banyak jenis nasi goreng yang dibedakan dari bumbu dan bahan isiannya. Tapi biasanya disajikan dengan telur mata sapi, acar dan kerupuk.
Nasi goreng khas Jepang menggunakan nasi dari jenis beras Jepang yang bulirannya lebih bulat dan tekstur nasinya lengket. Ciri khasnya tidak menggunakan kecap manis sehingga nasi gorengnya berwarna putih.
Sedang di Thailand; khao phad nama nasi goreng khas Thailand termasuk hidangan yang populer. Ciri khasnya adalah paduan daun ketumbar dan kecap ikan.
Bokeumbap adalah sebutan nasi goreng khas Korea. Yang paling populer adalah kimchi bokeumbap yaitu nasi goreng dengan irisan acar sawi.
Sedang di Peru, Arroz chaufa adalah sebutan nasi goreng khas Peru, yang dipengaruhi oleh imigran dari Asia. Makanya telur orak arik untuk pelengkap nasi gorengnya di bubuhi dengan susu.

(http://tistirabbani.blogspot.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »