Asal Usul Pasta Gigi

Asal Usul - Setiap pagi, saat mandi dan menjelang tidur kalian pasti selalu menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Selain untuk membersihkan gigi, ada juga pasta gigi yang bisa memperkuat gigi.



Bayangkan jika tidak ada pasta gigi, kita pasti akan kesulitan untuk membersihkan dan membuat gigi menjadi sehat. Sebelum pasta gigi ditemukan, orang membersihkan gigi dengan bubuk bata atau batang kayu siwak.

Tapi ternyata pasta gigi sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Tepatnya di peradaban Mesir Kuno. Masyarakat Mesir dulu membuat sebuah formula untuk membersihkan gigi mereka. Formula tersebut berbeda dengan pasta gigi yang kita gunakan sekarang.

Pasta gigi masyarakat Mesir kuno terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar.

Bentuknya seperti bubuk untuk membersihkan gigi. Saat itu belum ada sikat gigi, jadi mereka membersihkan gigi dengan jari-jarinya.

Menurut naskah kuno dari Persia, sekitar 1000 tahun lalu masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk.

Untuk pasta gigi berbentuk krim seperti yang kita gunakan sekarang baru ditemukan pada abad ke 19. Perusahaan yang memproduksi pertama kali pasti gigi berbentuk krim seperti yang kita gunakan saat ini adalah perusahaan Colgate, yang berada di Amerika Serikat. (http://www.forumkami.com/)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »