Asal Usul Wushu

Asal Usul Wushu - WUSHU - artinya Seni Berperang - WUSHU bukan bela diri - tapi artinya SENI MILITER - yaitu beragam cara dan metode untuk memenangkan perang!

apa itu PERANG - perang tidak ada yang adil - satu lawan sepuluh/seribu - curang,kotor, dan penuh tipu muslihat, tidak ada adil/ksatria yang penting menang - beragam alat senjata dan teknologi rahasia dan racun - strategi dan jumlah pasukan - manajemen prajurit, spionase kayak ninja, sniper menggunakan panah dan sumpit atau pisau terbang hingga menyiapkan jendralperang , mentri militer, dan raja terkuat.

WUSHU bukan untuk bela diri one on one, tapi cara memenangkan sebuah PERANG!

buku SUN TZU adalah buku yang pertama mengenai WUSHU, tapi sebelum buku itu ditulis, ilmu berperang sudah membahana kemana - mana. SUNTZU ditulis ribuan tahun lalu, tapi perang lebih tua dari buku itu.

setiap negara dan peradaban memiliki ilmu berperang. Umum metode mereka semua sama, prajurit, senjata, strategi, jendral, spionase/ kayak ninja / racun / senjata lempar / dll....



Dalam menyiapkan sebuah PERANG, tidak bisa satu hari satu malam siap, atau satu tahun siap, tapi menyiapkannya dari usia dini seorang prajurit yaitu umur anak - anak hingga dewasa dan cucu cucu dan seluruh kehidupan yang ada di negara itu sudah disiapkan matang metode kepelatihan WUSHUnya.

WUSHU yang diceritakan disini adalah WUSHU CHINA KUNO, Wushu / seni berperang yang dipakai hingga tahun 1900an / setelah WUSHU KUNO kalah dengan WUSHU modern ( pake meriam, pistol, racun, senjata mesin, apalagi nuklir ?? )

WUSHU CHINA KUNO seperti WUSHU MODERN sangatlah terorganisir rapih, setiap kehidupan bayi ataupun anak disiapkan untuk menjadi alat militer. menjadi sejak mungkin raja pertama, Kaisar Kuning, gak tahu berapa ribu tahun lalu, tapi sebelum Kaisar Kuning ilmu perang pun telah dengan hebatnya berperang. Mungkin sejak awal manusi jadi pandai atau entah awalnya manusia kok bisa berperang satu sama lain gak jelas.

Senjata api ada sejak sekitar tahun 1500an atau 500tahunan kalau saya tidak salah, tapi senjata pedang sudah ada sejak ribuan ribuan tahun lalu. sejarahnya pedang lebih panjang, nilai kehidupan dan darah serta filosofinya jauh lebih dualam daripada pistol!!

Berikut penjelsan sedikit tentang metode kepelatihan WUSHU KUNO yang banyak orang awam zaman sekarang salah kaprah dengan antara berperang dengan berkelahi.
( kembali diingat Wushu China kuno untuk menjadikan prajurit seperti TNI AD, apalagi setingkat KOPASUS apalagi Jendral/Mentri harus dari usia kecil mungkin seperti usia sekarang menjadi atlet Wushu/Gymnastic yaitu usia 8tahunan. Jadi metodenya berbeda dengan zaman sekarang WUSHU MODERN. Maklum pedang perlu waktu luama, pistol cukup beberapa menit )

berikut level - level yang dapat menerangkan APA ITU WUSHU??

WUSHU LEVEL 1
1. memiliki kelincahan dan kekuatan serta stamina seperti senam lantai / gymnastic untuk lebih mudah kita mengerti. Senam lantai dari Yunani yang juga merupakan dasar seni berperang mereka, seperti gulat, tinju, lempar lembing,martil, panah, lari, renang, dll... merupakan seni dasarmanusia zaman dulu yang wajib diturunkan ke cucu cicit, makanya ada Olympiade.

kelincahan ini sangat penting, bayangkan memiliki ini di tengah hutan atau gelapnya malam gak ada listrik, atau dikejar 100 tentara, atau dikejar harimau, atau apa aja deh kalo gak lincah kuat dah pasti gak selamat.

dan kelincahan ini harus sejak kecil. Bahasa kerennya GINKANG kata Om Ping Hoo. Usia 7 tahun - 20 tahun masih harus melatih GINKAN ini dengan luar biasa disiplin adn keras unutk mencapai GINKAN tinggi, alias lentur kuat lincah lompat salto seimbang dan sebagainya dll pokoknya kayak sirkus china atau gymnastic dan pelari sprinter serta marathon.

bayangkan anda bertemu musuh seperti ini di malam gelap gulita di hutan, dia pakai baju hitam ninja, dan jumlahnya ribuan. di siang hari adu kejar kejaran wah bagi yang gemuk dan gak ada kelincahan stamina bisa serangan jantung kecapean duluan. belum lagi pisau terbangnya.


WUSHU LEVEL 2
2. Melatih Koordinasi, mata, keempat tangan ( tidak ada istilah kaki karena fungsinya harus maximal Tongue ), semangat daya juang, konsentrasi dalam melakukan jurus jurus dasar berperang, tangan kosong hinga macam2 senjata.

bayangkan mau bertempur tapi tubuh anda tidak ada koordinasi maximal. mana kanan kiri putar dll bingung jatuh sendiri atau salah salah senjata makan tuan atau kena teman.

Tahap ini dilatih gerakan - gerakan silat tingkat dasar tapi rumit aneh aneh ngejelimet supaya melatih dan mengutamakan kesempurnaan koordinasi tangan, kaki, mata, semangat, daya tahan, dan fokus dll digabung dalam jurus jurus berperang praktisi yang sesuai / yang cocok dengan karakter sifat dan bakat praktisi yang akan diperdalam ke level berikutnya!!

Tahap ini sudah bisa masuk ke jurus tangan kosong dan senjata seperti pedang, tombak, dll. Tahap ini juga sudah mengajarkan serang elak dan pertarungan diatur dan dihapal untuk menambah latihan koordinasi berperang, baik satu lawan satu sampai satu lawan dua puluh tergantung target kelincahan dan kemampuan si praktisi mau. ini masih dalam level koordinasi, daya juang, stamina, dan dasar dasar gerakan berperang tangan kosong hingga beragam senjata denga gerakan rumit ngejelimet.jurus binatang pu bunayak tapi belum tahap mautnya.

TAPI level ini belum mengajarkan jurus - jurus perang maut yang lebih dalam lagi!!

nah SAMPAI TAHAP inilah metode WUSHU dibuka dan disebarluaskan ke dunia menjadi OLAH RAGA WUSHU KUNO sekarang yang anda lihat !!!!!

Menguasai tahap ini adalah tahap singkat dan tidak lengkap dari DASAR WUSHU KUNO.




kalau yang dibawah ini tidak diajarkan ke dunia karena tidak dapat dengan mudah dipertanggung jawabkan/ termasuk berbahaya.
walau banyak zaman dulu diajarka sedikit sedikit oleh perantauan ke masyarakat. umum disebut Kung Fu/ KunTao/WUSHU tradisional

3. Melatih jurus maut !
Harus sangat sederhana, efisien dan efektif dan jangan lupa rahasia/tidak ditebak dan maut. Tahap ini akan kembali ke tahap 1 dan 2 diatas tapi dengan jurus tahap 3. termasuk senjata dan tangan kosong serta senjata lempar. tahap ini gak ada lagi gerakan akorbatik atau ngejelimet.tehnik aplikasi tidak lupa diasah ampe tajam reflek dan luar kepala/tubuh menghadapi berbagai macam kemungkinan serangan,elakan, dan penyelesainannya.
umum di tahap ini WUSHU CHINA KUNO tidak mengutamakan grapling, atau jarang gulat di lantai apalagi berlama lama di lantai karena kurang berguna bila berhadapan lebih dari 1 musuh. semisal mau bergulat dengan 4 orang musuh sekaligus, tentu tidak mungkin. tapi jika tehnik mematahkan/menguci dan membanting ada banyak.
lalu jurus elang, monyet, atau jurus binatang banyak diperdalam di sini. juga ilmu jurus maut yang beraneka ragam sesuai bakat alam dan bentuk karakter dan tubuh praktisi yang telah diperhitungkan sejak usia dini.



4. Melatih tubuh - tangan dari jari hingga siku pokoknya semua anggota badan dilatih penempaan keras agar menjadi senjata. proses ini ada 2 cara , yaitu cara yang memakan waktu lama dan waktu singkat.yang terlihat dan yang tak terlihat. termasuk tahan pukul.

5. melatih penggunaan kongkret senjata, bagaimana menusuk pada target dll. umum menggunakan benda mati disabet atau benda mati bergerak agar melatih keakuratan serangan maut senjata. baik senjata lempar, berbagai senjata rahasia, umum jarum yang shaolin peragakan tembus kaca, termasuk panah, biji besi, sumpit, pedang, rantai, dll.

6.Melatih menggunakan kuda, atau kereta kuda, dalam berperang.dan alat alat berat lainnya, ada banyak juga macamnya.termasuk benda keseharian hidup.

7. melatih menggunakan racun, meramu, membuat penawar obat dll. toko obat cina dulu sejak ribuan tahun sukanya tahap ini. banyak ahli beladiri yang juga ke tahap ini. tapi Racun ya pasti disembunyiin atau gak mau dibuat, ntar bahaya.

8. melatih strategi bertempur, gerilya, sendirian, beregu, malam hari, siang hari, dll, di air, darat, dll... spionase, menyamar,dll.

9. melatih kepimpinan, menjadi seorang jendral, atau kapten atau mentri. belajar mengambil kebijakan, menang tanpa berperang. tanpa mengorbankan nyawa dll.. tahap ini its all about POLICY and WISDOM but WIN THE WAR. BLOOD IS THE FINAL ANSWER. dan sifat sifat jendral kesetiaan, moral, dll...

banyak sampai tahap ini bisa kita pelajari di buku/kitab/ dongeng SAM KOK atau buku kisah 3 kerajaan, cerita 2000an tahun lalu.. kuno bgt.
Buku kisah 3 kerajaan SAM KOK dan SUNTZU menerangkan cukup jelas hingga tahap ini.
kedua buku itu salah satu buku luar biasa yang dihargai dunia. Menurutku semua praktisi dan pecinta WUSHU wajib baca!!dan masih banyak dongeng yang perlu dibaca lho..

WUSHU LEVEL 10

10. Melatih kesehatan kekuatan, melawan penyakit dan serangan makhluk halus alias kuman virus hehehe...dengan mengumpulkan tenaga kehidupan atau istilahnya chi. Tahap ini banyak dicari oleh raja raja zaman dulu. banyak sekali yang salah jalan dan sangat sedikit yang berhasil. umum sekarang orang sebut berlatih Wushu Internal. artinya Wushu yang melatih emosi, egosentris, dendam, tersinggung, kesabaran, dll dan mengumpulkan atau melatih sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari hari setiap makhluk hidup, tapi kita sering tidak mengerti, melihat, merasakan. tahap ini tidak berfokus pada tendang pukul, walaupun termasuk WUSHU INTERNAL. bila termasuk tendang pukul itu hanya untuk supaya kita mengerti merasakan apa chi itu. dan tidak sedikit orang yang memanfaatkan tahap chi ini untuk memperlengkap jurus mautnya tahap ke 3 atau di WUSHU level 3 yang saya tulis di atas. Tahap ini akan bersambung di topik lain.

Sekian dongeng APA ITU WUSHU. semoga bisa menjadi bahan hiburan yang menghibur seperti cerita almarhum om Ping Hoo dan dongeng dongeng dari ayah sebelum saya tidur..
penjelasan tahap ini hanya sekilas dan masih termasuk fiksi karena bukti buktinya tidak ada. percaya ga percaya. tapi APA ITU WUSHU umumnya tersirat di cerita forum ini.
Sekian.gogi nebulana
www.harmonyWUSHUindonesia.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »