Asal Mula Donat, Bolong Tengahnya

Asal Usul - Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga mempopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
September 21, 2010 at 3:26 PM delete

mengapa donat di tengahnya bolong? lihat di http://uangkanidemu.blogspot.com.
Untuk sobat blogger silahkan comment di sana sepuasnya. Blog DOFOLLOW. Untuk dua orang sobat bloger pertama yang comment di postingan manapun, link sobat akan saya letakkan di link sahabat, sidebar kanan, dengan menggunakan script DOFOLLOW, sehingga akan semakin disayang mbah google. Thx...

Reply
avatar