Pages

 

Cerita Tentang Colosseum

0 comments
Asal Usul - Colosseum adalah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang Baru. Bangunan ini berupa gedung pertunjukan yang besar atau disebut Amphitheatre. Colosseum terletak di Roma, Italia. Pada awalnya bangunan ini disebut Flavian Amphitheatre kaena dibangun oleh Kaisar Vespasian dari keluarga Flavia. Pembangunan Colloseum dimulai tahun 70 sebelum masehi. Colosseum selesai dibangun pada tahun 82 sebelum masehi di masa Titus, putra Kaisar Vespasian. Nama Colosseum diambil dari nama patung besar Nero yaitu Colossus. Patung ini setinggi 40 meter. Beberapa ahli sejarah percaya bahwa pembangunan Colosseum dibiayai dari hasil merampok kuil Hindu di Yerusalem pada masa Kaisar Herod di tahun 64 sebelum masehi.




Colosseum di masa lalu adalah tempat penyelenggaraan pertunjukan spektakuler seperti pertarungan antara binatang buas, pertarungan antara tahanan dengan binatang, pertarungan dalam air dengan cara memenuhi arena dengan air, dan pertarungan antara gladiator atau tahanan perang. Selama acara pembukaan Colosseum yang berlangsung 100 hari, 9000 binatang buas mati. Dan dalam 100 tahun, diperkirakan 1000 orang mati diarena pertunjukan itu.

Bangunan ini dirancang untuk menampung 50.000 penonton. Tempat duduk di Colosseum dibagi menjadi tiga bagian. Di tingkat pertama ada podium yang diperuntukkan bagi senator. Di tingkat yang sama, diletakkan tempat duduk khusus bagi kaisar dan ruang bagi kaisar untuk beristirahat dan menyimpan hartanya. Tingkat atas podium diperuntukkan bagi para bangsawan dan ksatria. Dan tingkat yang ketiga diperuntukkan bagi para penduduk biasa. Tempat duduk di tingkat ketiga ini dibedakan menjadi dua bagian. Tempat yang dibawah adalah bagi penduduk kaya dan tempat di deretan atas bagi penduduk yang miskin.

Colosseum digunakan sampai tahun 217. Dalam beberapa abad, bangunan ini mengalami kerusakan karena sambaran petir dan beberapa gempa bumi. Kini, bagian bangunan yang masih tinggal menjadi salah satu daya tarik Roma yang popular di mata para turis. Setiap tahun, jutaan wisatawan berkunjung ke tempat ini.

0 comments:

Post a Comment