Maryam : Nama Bayi Perempuan Paling Populer di Tunisia

Asal Usul - Maryam, ternyata menjadi nama yang paling populer dan paling banyak dipilih oleh para orang tua di Tunisia bagi anak bayi perempuan yang baru lahir.


"Data statistik menunjukkan bahwa Maryam berada di peringkat paling atas daftar nama-nama bayi perempuan, diikuti dengan nama Shayma dan Khawla," ujar Suaad, seorang perawat di rumah sakit anak di Tunisia. Ia mengungkapkan, pilihan nama Maryam, mengalahkan pilihan nama yang berbau nama Barat bahkan nama yang berakar dari Arab seperti Nijma dan Qamar.

"Sedangkan untuk bayi laki-laki, nama Muhammad paling banyak dipilih, begitu juga dengan nama-nama sahabat Nabi Muhammad menempati tempat kedua nama yang paling banyak digunakan," tambah Suaad.

Sosiolog, Mahdi Mabruk mengatakan, nama Maryam menjadi nama yang banyak dipilih para orang tua, karena Maryam melambangkan kesucian. "Mereka menginginkan anak-anak perempuan mereka seperti Maryam dan istri-istri Nabi Muhammad Saw karena kesucian dan ketangguhan hati mereka," kata Mabruk.

Ia mengatakan, nama-nama bayi di Tunisia seperti trend busana. "Pada tahun 1980an, kita pernah mengalami trend nama-nama Islam seperti Mus'ab, Ammar, Bilal, Aisyah dan Khadijah. Sementara pada tahun 1990an, nama-nama Turki seperti Savinaz banyak digunakan," jelas Mabruk.
"Saya memilih nama Maryam untuk bayi perempuan saya dan saya takut suami saya tidak setuju. Tapi kejutan, suami saya dan sangat senang dengan nama itu dan mengatakan bahwa ibunya ingin sekali bayi mereka dinamai Maryam," tutur Aishah, seorang ibu berusia 28 tahun. (eramuslim.com- ln/iol)(Mendukung mbak maya untuk travel jakarta bandung)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »