Asal-usul Istilah Mbois

Asal-usul Istilah Mbois - Sejak pertama digunakan hingga saat ini, kata mbois sudah mengalami perluasan makna namun masih kerap digunakan sehari-hari.

"Plo, ate nang endi umak? kok cik mbois temen talah! (Plo, kamu mau kemana kok mbois sekali?)"

"Iki lho Li, aku ate ngamrin karo ojob nang alun-alun (Ini Li, aku hendak pacaran di alun-alun)"



Sebagai sebuah kata pujian, mbois atau mboys sudah sangat sering kita dengar terutama di kota Malang. Istilah ini biasanya digunakan untuk memuji penampilan dari seseorang terutama ketika memang benar-benar terlihat menarik dan keren.

Uniknya walau saat ini digunakan secara universal untuk memuji penampilan baik pria maupun wanita, namun sesungguhnya mbois ini digunakan untuk memuji penampilan yang terlihat laki-laki. Asal kata dari mbois adalah boyish yang berarti terlihat kelelaki-lelakian atau tampak seperti pria. Saat ini sendiri, kata boyish lebih melekat pada fashion wanita yang bergaya seperti pria.

Walau saat ini asal kata dari mbois lebih lekat dengan penampilan tomboy atau berkesan lelaki, namun kata mbois ini memiliki fungsi yang sangat berbeda. Umumnya kata ini dijadikan sebagai padanan dari kata keren dan tidak memandang gender baik itu pria atau wanita.

Di masyarakat Malang pada era yang lebih lama, sesungguhnya ada kata padanan lain dari mbois yang digunakan untuk memuji penampilan seseorang. Selain mbois, istilah yang biasa digunakan adalah setil atau nyetil yang juga asal katanya dari bahasa Inggris style. Kata setil atau nyetil ini bisa berarti keren dan bergaya.

Walau sepadan dan biasa digunakan untuk memuji, namun biasanya kata mbois lebih pada gaya berpakaian yang keren dan tidak begitu formal. Sedangkan setil atau nyetil biasa digunakan ketika berpakaian rapi dan klimis. Walau begitu dua kata ini tetap biasa digunakan sebagai pujian pada masa itu.

Namun seiring berlalunya waktu, kata setil mulai jarang digunakan sedangkan mbois tetap kerap digunakan masyakarat bahkan penggunaannya kian menyebar. Istilah mbois kini tidak hanya untuk mengomentari gaya atau penampilan seseorang saja namun juga berbagai hal lain yang dianggap keren seperti perilaku ataupun hal yang dimiliki.

Jadi sudah paham apa arti kata mbois?! Lek durung paham yo gak mbois blas umak!(Asal Usul)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »